Enter your keyword

Pendidikan dan Latihan

Beautifully suited for all your web-based needs

PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI PENGADILAN MILITER II-09 BANDUNG

 

Menurut John Suprihanto (1988:86) pendidikan dan pelatihan adalah suatu proses pembinaan pengertian dan pengetahuan terhadap kelompok fakta, aturan serta metode yang terorganisasikan dengan megutamakan pembinaan, kejujuran dan ketrampilan.

Sondang P. Siagian (1983:180) memberikan pengertian terhadap kedua istilah itu : Pendidikan adalah keseluruhan proses, teknik dan metode mengajar dalam rangka mengalihkan sesuatu pengetahuan dari seseorang kepada orang yang lain dengan standart yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan pelatihan adalah juga proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu.

Kemudian Wijaya (1970:75) juga mengemukakan pengertian yang senada dengan diatas yaitu “Pendidikan dimaksudkan untuk membina kemampuan atau mengembangkan kemampuan berpikir para pegawai, meningkatkan kemampuan mengeluarkan gagasan-gagasan pada pegawai sehingga mereka dapat menunaikan tugas kewajiban dengan sebaik-baiknya”. Waktu yang diperlukan untuk pendidikan bersifat lebih formal. Sedangkan latihan lebih mengembangkan ketrampilan teknis sehinga pegawai dapat menjalankan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Latihan berhubungan dengan pengajaran tugas pekerjaan dan waktunya lebih singkat serta kurang formal.

Perbedaan kedua istilah itu pada intinya mengarahkan bahwa pelatihan dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kemampuan pegawai melaksanakan tugas sekarang, sedangkan pendidikan lebih berorientasi pada peningkatan produkktivitas kerja pegawai di masa depan. Akan tetapi perbedaan itu tidak perlu ditonjolkan karena kedua pengertian itu umumnya digunakan bersama-sama.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelakasanaan pendidikan dan pelatihan menitikberatkan pada :

  1.  Membantu pegawai dalam menambah pengetahuan dan ketrampilan.
  2.  Pengetahuan  dan ketrampilan tersebut sangat erat hubungannya dengan pekerjaan sekarang ataupun masa yang akan datang.
  3.  Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan haruslah direncanakan dan diorganisasikan untuk mendapatkan efektivitas dalam pelaksanaan  pendidikan  dan latihan itu sendiri.

>     Pendidikan dan Latihan Satker Pengadilan Militer II-09 Bandung Tahun 2018.

1.    Semester I Tahun 2018. Selengkapnya.

2.    Semester II Tahun 2018. Selengkapnya.

>     Pendidikan dan Latihan Satker Pengadilan Militer II-09 Bandung Tahun 2017.

1.    Semester I Tahun 2017. Selengkapnya.

2.    Semester II Tahun 2017. Selengkapnya.

 >     Pendidikan dan Latihan Satker Pengadilan Militer II-09 Bandung Tahun 2016.

1.    Semester I Tahun 2016. Selengkapnya.

2.    Semester II Tahun 2016. Selengkapnya.