b. Penataan Tatalaksana
Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Target yang ingin dicapai pada masing-masing program ini adalah:
a. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan;
b. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan; dan
c. Meningkatnya kinerja unit kerja/satuan kerja.
Atas dasar tersebut, maka terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan penataan tatalaksana, yaitu:
1. Aspek Pemenuhan
a. Prosedur Operasional tetap (SOP) Kegiatan Utama Pengukuran indikator ini dilakukan dengan mengacu pada kondisi yang seharusnya telah dilakukan, seperti:
1) Prosedur operasional tetap mengacu kepada peta proses bisnis instansi; Download
2) Prosedur operasional tetap telah diterapkan; dan Download
3) Prosedur operasional tetap telah dievaluasi. Download
b. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pengukuran indikator ini dilakukan dengan mengacu pada kondisi yang seharusnya telah dilakukan, yaitu:
1) Sistem pengukuran kinerja berbasis sistem informasi; Download
2) Sistem kepegawaian berbasis sistem informasi; Download
3) Sistem pelayanan publik berbasis sistem informasi; dan Download
4) Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Download
c. Keterbukaan Informasi Publik
Pengukuran indikator ini dilakukan dengan mengacu pada kondisi yang seharusnya telah dilakukan, seperti:
1) Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan; dan Download
2) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukan informasi publik. Download
2. Aspek Reform
Aspek reform diukur dengan melihat kondisi apakah:
a. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan dilakukan dengan melihat apakah telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan ; Download
b. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi;
1) Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien; Download
2) Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien; Download
c. Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat;
1) Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal; Download
2) Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal; Download
3) Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal. Download