Enter your keyword

DIRGAHAYU KE-75 KODAM III/SILIWANGI

Beautifully suited for all your web-based needs

DIRGAHAYU KE-75 KODAM III/SILIWANGI

DIRGAHAYU KE-75 KODAM III/SILIWANGI

Kami segenap keluarga besar Pengadilan Militer II-09 Bandung mengucapkan DRIGAHAYU KE-75 KODAM III/SILIWANGI “Esa Hilang Dua Terbilang”

Untuk diketahui, Komando Daerah Militer III/Siliwangi, merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Provinsi Banten dan Jawa Barat. Markas Komando berada di Jalan Aceh Nomor 69 Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dalam sejarahnya, lima hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 22 Agustus 1945, pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai wadah perjuangan. Seiring ancaman meningkat atas kemerdekaan yang baru lahir itu, BKR kemudian diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945.
Jawa Barat membentuk Komandemen-I TKR yang membawahi tiga divisi. Divisi-I meliputi Keresidenan Banten dan Bogor yang bermarkas di Serang, Banten; Divisi-II meliputi Keresidenan Jakarta dan Cirebon bermarkas di Linggarjati; dan Divisi-III meliputi Keresidenan Priangan bermarkas di Bandung. Pada 20 Mei 1946, ketiga divisi tersebut disatukan menjadi Divisi Siliwangi dan bermarkas di Tasikmalaya. Nama Siliwangi terus dipertahankan walaupun nama kesatuan berubah menjadi Tentara & Teritorium (T & T) III Siliwangi pada 24 Juli 1950. Kemudian menjadi Kodam VI/Siliwangi pada 24 Oktober 1959 dan menjadi Kodam III/Siliwangi 2 Februari 1985. Momentum pemilihan nama Siliwangi pertama kali pada 20 Mei menjadi hari jadi Kodam III/Siliwangi.